Jumat, Agustus 10, 2007

Bhaksos, Kenapa Engga ... ??!!!


How To Find TPA Al-Muhajirin in Bantar Gebang, Bekasi

Tersisih di babak 6 besar Indonesian Idol 2007, tidak membuat Dimas lupa untuk tetap berterima kasih kepada Allah atas segala rahmat yang diberikan kepadanya. Menang atau tidak menang di dalam suatu kompetisi adalah anugerah yang selalu Dimas syukuri sebagai rezeki yang diberikan Allah di dalam perjalanan hidupnya. Salah satu bentuk rasa syukur Dimas atas segala rezeki yang diberikan Allah kepadanya diwujudkan dengan cara berbagi kebahagian bersama anak-anak sekolah kurang mampu yang tidak dapat berlibur di masa-masa liburan sekolahnya karena keterbatasan biaya. Kegiatan tersebut dikemas dalam bentuk Bhakti Sosial (Bhaksos).

Ide untuk ngadain Bhaksos bareng Dimas muncul begitu saja, ngak ada angin ngak ada ujan.... (ups... ada angin dink, ujan nya yang ngak ada... secara sekarang kan musim kemarau... hehehe..). Semua terjadi serba cepat!

Meeting pertama kali, langsung dibentuk panitia. Mak Roro jadi ketua panitianya (tugasnya: memastikan semuanya baik-baik ajah), Neri bagian dokumentasi, Mbak Dewi bagian pegang duit (bahasa kerennya bendahara gitu, hahaha), gue (Atiko) bagian konsumsi... (bo, udah keliatan kaliii ye dari muka gue kalo gue suka makan gituh.... heuheu), Mbak Rini juga bagian konsumsi, trus Fida, Amel, Dinda sama May bagian ngurusin acara. Oh ya, ada satu lagi, Kang Dadang ditaro sebagai bagian transportasi (walau sebenernya sih semuanya udah ke handle ama kita, hehehe), trus... Bagas (keponakan Dimas yang cakep pisan) hhmm... bagian ngeramein acara, secara Bagas juga berubah jadi selebriti kayak om Dimas.... hehehe.. peace deh!

Di sela-sela meeting, Emak nanya siapa aja yang mau ikutan searching tempat untuk kegiatan bhaksos yang mau kita adain, secara kita emang masih blank, NGAK TAU MUSTI NGADAIN BHAKSOS DIMANA... heuheu.. semuanya tanpa persiapan, list tempat atau apa, hanya modal NEKAD AJAH. Gue langsung tunjuk jempol untuk ikut survey tempat karena hari Sabtu (tanggal 7 Juli kalau ngak salah) gue lagi libur gawe.

Tapi pagi-pagi besoknya Emak nelpon gue, dia bilang kalo mobilnya lagi kena trouble, so si Karim mesti harus kudu dibawa ke bengkel. Mak bilang, "Besok aja deh surveynya ya, Tik...". "Ya.... Mak... besok kan aku ada acara!" hu..hu..hu.. Tahu karena ngak jadi pergi, akhirnya gue bikin janji ama temen deh untuk pergi kemana gituh.... bo, gatel aja gitu weekend ngak pergi kemana-mana he..he.. Tapi ternyata kemudian Mak nelpon lagi, bilang kalo mobilnya udah bisa dipake lagi. Ya udah dehh... janji gue ama temen pun langsung di cancel and gue langsung terbang deh ke kantor nya Emak di Graha B.I.P. Gatot Subroto (hebat kan gue bisa terbang?!... cicit superman gituh lohh... hahaha..).

Dari kantor Emak, kita langsung melaju ke daerah Cibubur, di sana Neri sama Devi udah nungguin kita. Dengan wajah belepotan keringet, Devi pun ngedumel, "Sebel, gue diturunin supir angkot di tengah jalan, bener-bener ngak sopan! Gue mesti jalan deh ke sini!”. Emang Dev, tuh supir emang harus ikut P5 : Pembinaan Para Pengemudi dalam Pelayanan Pelanggan.... hehehe... sori... asal...!!

Dari situ kita langsung melaju ke Jongol, melewati Mekarsari segala... (duh, enak kali ye kalo metik belimbing sama melon dulu di Mekarsari... secara kita pada haus... Tapi lupakan belimbing dan melon, karena tempat yang kita cari belum ketemu.....!) Kita sempet nyampe di Cileungsi, nanya sama beberapa orang di sana, apa mereka tahu dimana panti asuhan atau tempat semacam itu, tapi mereka semua rata-rata pada ngak tahu. Beberapa kali juga kita salah masuk daerah, dari mulai jalan buntu sampe tiba di galian pasir segala yang rumputnya tinggi-tinggi setinggi monas (hehehe.. maap, terlalu berlebihan). But, U know something guyz?!... di galian pasir itu, di tempat yang super duper sepi itu, kita nemuin sepasang muda-mudi, coba… ngapain mereka di sana?!.... mau ngikut gali pasir gitu?!.... huaa... capek deh........

Setelah muter-muter kayak gangsing, akhirnya kita sepakat untuk nyoba daerah Bantar Gebang aja. Di tengah jalan kita sempet makan nasi padang dulu... (boleh kan makan dulu?! kan lapeeeeeeeeeer!). Tapi, di tempat kayak gitu, Neri masih sempet ngedumel lagih, pengen Junk Food. "Ada junk food ngak yah di sini?", tanyanya sambil otw ke kiri-kanan jalan. Yah... Neri... ada-ada ajah! Kalo Junk (sampah) mah banyak kali Ner... tapi food (makanan)... mah kagak ada.... hehehe.... peace!

Ketika akhirnya kita sampai di suatu daerah yang (maaf) sangat kumuh, kita pun lalu memutuskan, "here is the place that we are looking for", so akhirnya kita bertamu ke rumah pak RT nya yang bernama... sebut saja Pak J. Pak J ternyata sedang ngikutin Motorcross di daerah mana tau. Busyet... apa ngak salah tuh ?!.....he..he... Tapi nenek di rumah itu baek banged loh ama kita. Dia nyuguhin (baca: menghidangkan) minuman untuk kita (thanks ya nek.....).

Karena kita udah setuju daerah itu yang kita pilih, akhirnya kita nungguin Pak J deh... Tahu ngak, Mak tuh sampe ketiduran segala, secara capek nyetir mobil seharian. Ditunggu setengah jam, Pak J ngak muncul-muncul. Emak lalu nelpon Pak J lagi, tapi ternyata istrinya yang ngejawab.... dan sebelnya (maap, saya suka begitu kalo lagi emosi, hehehe), istri Pak J matiin hapenya gitu aja, padahal Emak lagi nerangin sesuatu!! Hu.... capek deehhh...!!.

Merasa penerimaan mereka kurang "oke" akhirnya kita cabut dari sana. Sebelum pulang, gue sempet ngobrol sama si nenek yang baik hati itu. "Nek, maap, apa di sini masih ada daerah yang seperti ini?!". "Wah, banyak neng, di sebelah sana daerah kumuh seperti ini semua. Neng terus aja, sampe nemu perempatan, dari sana masih terus". "Baik Nek, makasih ya".

So.. di sanalah akhirnya kita menemukan TPA Al-Muhajirin. Semuanya serba cepat dan tak terduga. Anak-anak pemulung yang sekolah di tempat itu berjumlah sekitar 300an anak. Tapi kita ambil yang siswa TPA-nya yang berjumlah kurang lebih 120an-anak. Guru di sana ada tujuh orang. Semuanya bekerja tanpa pamrih, ngak gajian udah berapa lama tau (saluuutttt!!!).

Akhirnya kita balik ke Jakarta dengan hati puas, karena menemukan tempat yang menurut kita "tepat sasaran" untuk acara bhaksos yang akan kita adain.

Minggu depannya kita meeting lagi, kali ini udah ngumpulin uang, baik dari kantong pribadi atau pun dari para donatur. Mak dengan usahanya yang cukup keras berhasil menggandeng sponsor (dari orangtua group). Mereka nyumbang enam macam snack untuk 200-an anak. Fida, yang gawe di Elex Media Komputindo, ikut nyumbang buku cerita Winnie The Pooh sekitar 100an buku (thx fid, you're de best). Pokoke, Alhamdulillah... semuanya serba dilancarkan.


Hari H, Sabtu, 14 Juli 2007

Rencana awal acara bhaksos yang akan kita adain adalah pada pagi hari sampe sore hari (seharian gitu deh)... tapi ternyata Dimas (yang tadinya udah berencana and nyanggupin bisa pergi pagi) mendadak ngak bisa dateng pagi-pagi karna ada acara konferensi pers Idol di hotel Sultan.

Emak Roro lalu bolak-balik sms anak-anaknya ngasih tahu tentang perubahan jadwal itu. Di sms emak bilang, "Gue botak neh secara jadwal berubah-ubah terus!". Duh.... jangan sampe botak dunk Mak, wig kan mahal, hahahahah...

Finally, acara akhirnya diadain lepas tengah hari (sekitar jam tigaan getho). Tapi pagi-pagi gue sama Fida udah pergi ke rumah Devi di Bekasi sana karena mau bantuin Devi bungkusin snack, kado and sekalian amplopin sumbangan dari para donatur yang baik hati, ramah, dan tidak sombong, hehehe..

Gue, Fida, Devi sama Dewi plus adik dan Mamanya Devi, trus bekerja sampe tengah hari. Peralatan sekolah kayak tas, buku, penggaris, krayon, tempat pinsil, rautan, buku gambar dan yang laennya kita bungkus dengan rapi. .... (yakin rapih nih?! hehehe....)

Makan siang, kita sempet delivery order getho, pesen nasi goreng sama kwetiau goreng... hmm.. yummy...

Sementara kita berbungkus-bungkus ria, temen-temen yang laen (Dinda, Amel, May, Mbak Rini, Neri, Bobby) udah ngumpul di Graha B.I.P (kantor Emak) untuk pergi ke Bantar Gebang, naik mobil yang lain. Neri lah yang kedapatan tugas jadi pemandu wisatanya, secara Neri udah tau lokasinya.

Rombongan dari rumah Devi sama rombongan dari Graha B.I.P akhirnya ketemu di Bekasi. Sebagian barang-barang dari mobil Emak pun dipindahin dulu ke mobil Neri CS karena mobil Emak bener-bener sarat barang. Kalo bisa tereak, tuh mobil udah tereak kaleee..... dibubrukin barang sebanyak itu... hehehe...

Perjalanan pun trus berlanjut. Sedang asyik-asyiknya kita berhahahihi... tiba-tiba Devi teriak, sadar kalo Siti sama Ani ketinggalan.... wah kasus neh, anak orang dicuekin... heuheu.. mereka dah kering kali nungguin kita ... maap ya Ani sama Siti...!!

Emak akhirnya memutuskan nunggu Ani dan Siti di pinggir jalan, sementara gue sama Dewi akhirnya pindah ke mobil Neri CS, secara Emak ternyata meragukan kemampuan Neri dalam mencari lokasi yang dituju..... duh.. thanks ya Mak atas kepercayaannya sama gue untuk dampingi Neri Cs.... tampang gue udah kaya peta kali yah, pinter nyari tempat getho.... hehehe...

Gue, Neri, Dewi, Amel, Dinda, May, Mbak Rini dan Bobby (perwakilan dari sponsor) serta driver kita (pak siapa dah namanya, lupa, hehe) tiba di lokasi lebih dulu. Kita lalu ngadain persiapan ini-itu. Pasang spanduk, nyiapin krayon dan buku gambar, nyiapin minum dan yang laennya.

Jam 4an, Dimas dan rombongan akhirnya muncul, dibarengi munculnya rombongan Emak. Ngak lama Dimas nongol di sana, tanpa ba-bi-bu, dengan kegembiraan yang meluap, anak-anak yang udah ngak sabar nungguin Dimas langsung mendaulat Dimas untuk nyanyi. Setelah sambutan sebentar dari beberapa belah pihak seperti Ketua TPA, Ketua Panitia, Ketua RT dan dari Dimas sendiri, akhirnya Dimas nyanyi deh, bawain lagu "Sahabat" nya Peterpan. Diluar dugaan, anak-anak di sana hafal dengan lagu tersebut dan ikut bernyanyi bersama Dimas. Dimas pun kemudian menyanyikan lagu yang kedua, masih lagunya Peterpan, judulnya ”Kukatakan Dengan Indah”.

Setelah itu, acara lomba pun digelar, diantaranya lomba mewarnai, lomba jalan balon, dan lomba kelereng yang diadakan sebelum shalat Maghrib. Setelah shalat Maghrib berjamaah, lomba nyanyi dan mendongeng pun digelar. Semua anak sangat gembira dan antusias dengan permainan yang ada. Apalagi semua dapet kado walau mereka ngak menang lomba. Dimas pun nampak kelihatan senang berada ditengah-tengah mereka. Lelah dan lapar (hehehe...) kayaknya bukan jadi penghalang bagi Dimas untuk bergembira bersama mereka.

Setelah beberapa lomba dan pembacaan nama pemenang serta pemberian hadiah kepada pemenang, yang dilakukan oleh Dimas sendiri, beberapa murid TPA menyumbangkan kasidahan dengan menyanyikan lagu Opick yang berjudul ”Tombo Ati”. Dilanjutkan dengan perform dari Dimas lagi, kali ini Dimas bawain lagunya Samsons yang berjudul ”Naluri Lelaki”. Nyanyian Dimas itu benar-benar membuat suasana makin penuh dengan kebahagiaan. Tidak ada sedikit pun raut wajah lelah dari anak-anak, semuanya turut bernyanyi dan menikmati kegiatan bhaksos dengan riang gembira.

Sebelum pulang, kita sempat membagi-bagikan sumbangan (sekedarnya) dan snack, yang udah disiapin dari sponsor, untuk anak-anak. Ngak lupa, kita juga turut berbagi dengan Bapak dan Ibu Guru di TPA tersebut. Walau jumlahnya ngak banyak, tapi kita berharap hal itu bisa bermanfaat bagi mereka.

It's really hard day 4 all of us. Tapi… sungguh… menyenangkan sekaleee…. sumpeh semuanya terasa begitu indah...... Dimas sendiri mengakui hal itu, "Dimas punya kepuasan bathin tersendiri dengan acara Bhaksos ini. Ini pengalaman yang indah bagi Dimas".

Hohohoho.... jadi ngak kapok dunk Dimz kalo kita ngadain bhaksos lagi di lain kesempatan....?! heuheuheu... bhaksos lagi, kenapa engga?!......


===== Ditulis oleh : Atiqo Fianti =====

Tidak ada komentar: